Fasilitas Lengkap dan Bersih, Bale Isoter Desa Maluk Seperti Hotel

Maluk – Sesuai Surat Edaran (SE) Gubernur NTB terkait dengan kegiatan rumah (Bale) isolasi terpusat (Isoter) kepada warga yang terjangkit wabah menular Covid-19. Pemerintah Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat menyediakan (Rumah isoter) untuk warga yang terkonfirmasi dengan fasilitas lengkap dan bersih sesuai standar kelayakan.

Selain bersih, Bale isoter milik Desa Maluk dilengkapi dengan difasilitasi kulkas, komputer, jaringan wifi, kipas angin, televisi, sprinbed serta perlengkapan lainya.

Hamzah, warga yang terkonfirmasi Covid-19 yang telah menjalankan karantina terpusat di bale isoter Desa Maluk dikonfirmasi menyampaikan, selama proses karantina, pelayanan dari pihak tim Satgas Covid-19 Desa Maluk sangatlah baik, dimana layanan mulai dari segi makanan diberikan tiga kali sehari serta tambahan suplai makanan pendamping lain.

“Selama saya isolasi di bale isolasi terpusat, layanan dari pihak satgas Covid-19 desa Maluk sangat baik dan keluarga saya juga menerima bantuan sembako. Semoga hal seperti ini terus terjaga untuk warga” harap, Hamzah.

Menurut Hamzah, fasilitas bale isolasi terpusat memenuhi kelayakan dengan fasilitas sangat memadai dan juga pada saat proses penyembuhan (Masa karantina), tim satgas terus memantau dan mengingatkan seperti berjemur.

“Fasilitas bale isolasi terpusat di desa Maluk itu bersih dan lengkap seperti hotel” jelas, Hamzah.

Kepala Desa Maluk Yuyun Yuliati, SE, yang dikonfirmasi terkait dengan Bale Isoter menyampaikan, bahwa di Desanya ada tim satgas Covid-19 Desa yang bertugas selama 24 jam dengan sistim bergantian untuk melayani warga yang terkonfirmasi wabah corona.

Dikatakan Yuyun, penyediaan Bale Isoter dengan fasilitas yang dibutuhkan warga terkonfirmasi Covid-19 melaksanakan isolasi sebelumnya sudah melalui musyawarah khusus bersama BPD dan warga lainya.

“Bangunan Bale isoter ini aset desa dan saat ini kami (Pemdes) manfaatkan sebagai rumah isolasi terpusat untuk warga yang terkonfirmasi dengan fasilitas sesuai standar kelayakan. Sudah dua warga yang terkonfirmasi Covid-19 melaksanakan isolasi disini.” ujar, Yuyun.

Tujuan dari Bale Isoter ini, lanjut Yuyun, untuk menjaga keluarga korban yang negatif agar tidak terkontaminasi dengan keluarga yang terkonfirmasi dalam satu rumah. Cara ini salah satu memutuskan penyebaran virus dan warga yang terkonfirmasi juga mudah dipantauan oleh tim satgas covid desa.

“Kelayakan Bale isoter ini sudah ditinjau langsung oleh Bapak Dandim 1628/SB waktu lalu dan terkait dengan pembiayaan penangananya telah dianggarkan melalui APBDes 2021.” tutup Yuyun, Kades Maluk.(K-If)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *