oleh

Normalisasi Sungai di Maluk, Kades Koordinasi dengan PT AMNT Kerahkan Eksavator

JMSNews, Maluk – Upaya mencegah meluapnya air karena intesitas hujan yang tinggi di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) dan pemukiman warga Desa Maluk, Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat, dilakukan normalisasi sungai.

Kepala Desa Maluk, Yuyun Yuliati menyampaikan Desa Maluk merupakan salah satu Desa yang berlangganan banjir karena letak geografisnya. Menyikapi hal itu, pemerintah Desa berkoordinasi dengan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) melakukan normalisasi sungai dengan menggunakan 1 unit alat berat eksavator milik perusahaan.

“Alhamdulillah, setalah melakukan koordinasi dengan PT AMNT, merespon cepat dengan menurunkan alat berat untuk atasi sedimentasi yang mengakibatnya terjadi pendangkalan disungai sehingga air cepat meluap dirumah-rumah warga” ungkap, Yuyun.

Normalisasi sungai, tambah Yuyun merupakan atensi khusus dari pemerintah Desa guna antisipasi terjadinya banjir.

“Selain normalisasi sungai ada juga penimbunan dibeberapa titik rawan longsor dan rencananya kami akan bronjong” harap Kades.

Terpisah iilokasi normalisasi sungai, ditemui JMS News H. Yudha Jayadikarta selaku Head Of Social Impact PT. AMNT menjelaskan program triwulan pertama tahun 2021, PT AMNT melalui departemen Sosial Impact (SI) ada 3 program diantaranya Perbaikan air saluran air di sekitar Maluk Loka. Pembangunan saluran air baru disebelah barat sebanjang 300 meter. Pelebaran sungai mulai dari gorong-gorong hingga menuju jalan area jalan raya Maluk dengan panjang sekitar 2 kilo.

“Kita maksimalkan dulu normalisasi sunga ini. Terkait dengan program pemberdayaan tentu akan melibatkan masyarakat melalui gotong royong terutama perbaikan saluran air dan mengenai bronjong sudah masuk dalam program, akan tetapi kita lihat teknisnya seperti apa nanti, jika tidak memungkinkan untuk dibronjong kita cari teknis infastruktur lain yang fungsi sama” jelas, H. Yuda yang baru menjabat 3 bulan di Departemen Head Of Social Impact itu.(K-If)

Baca Juga :  Bersinergi Dengan Warga, Pemdes Pasir Putih Bersama TNI-Polisi Gelar Jum'at Bersih Rutin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *